penyebab kompter restart sendiri dan cara mengatasinya


Sudah pasti kita akan kesal apabila komputer yang di gunakan mati dengan tiba-tiba di saat kita mengerjakan sesuatu dan file tersebut belum di simpan, atau pada saat sedang bermain game. di sini saya akan menuliskan beberapa penyebab komputer restart sendiri, mungkin banyak penyebab lain yg mengakibatkan komputer restart akan tetapi yang lebih sering terjadi adalah beberapa masalah
sebagai berikut dan di sini saya akan menuliskan beberapa tips untuk mengatasinya .. 


Yang pertama adalah : POWER SUPPLY 
Power supply yang rusak akan mengalirkan listrik tidak sempurna dan hasilnya listrik pun akan naik dan turun, ketika tegangan turun komputer akan mengalami restart. solusi nya adalah apabila anda menggunakan fan/kipas yang menggunakan lampu coba perhatikan lampunya, apabila berkedip-kedip segeralah ganti power supply nya. akan tetapi apabila anda tidak menggunakan fan/kipas yang tidak di lengkapi dengan lampu maka saran dari saya cobalah untuk meminjam power supply milik teman yang di percaya masih bagus kondisinya (bilang aja bentar doang)




Yang kedua adalahKELISTRIKAN 
Listrik merupakan komponen utama dalam kelangsungan hidup komputer maka komputer anda terjadi restart listrik adalah komponen utama yang harus anda periksa. cek voltage tegangan listrik anda coba lah menggunakan AVO meter untuk mengecek nya .. kemudian lihatlah apakah aliran listrik ke komputer anda sudah mencapai 220V atau kurang ? apabila kurang maka sudah bisa di pastikan masalah restart komputer anda berasal dari kurangnya tegangan listrik yang masuk ke komputer anda maka solusinya adalah anda harus menggunakan stabillizer(alat untuk menstabilkan aliran listrik). apabila masih tetap restart silahkan anda telpon orang PLN dan suruh membetulkan listrik di rumah anda karena dampak dari hal tersebut adalah akan merusak pada komponen hardware seperti motherboard,hard disk juga memori.


Yang ketiga adalah :  Processor panas  
processor yang terlalu panas pun bisa menjadi penyebab terjadinya restart komputer, suhu normal untuk komputer biasanya antara kisaran 45-55 derajat. suhu bisa di monitoring melalui bios atau menggunakan software untuk monitoring suhu komputer. jika suhu komputer anda melebihi batas normal solusinya adalah lepas fan/kipas mungkin saja terlalu banyak debu yang menempel sehingga putaran fan/kipas menjadi tidak normal lagi sesudah memersihkan fan/kipas dan apabila kipas sudah tidak layak di pakai saran saya gantilah dengan yang baru karena peran kipas di sini sangatlah penting, setelah itu di lakukan cobalah bersihkan processor dan berikan pasta pendingin kemudian pasang kembali dan lihat perbedaan nya.




Yang keempat adalah : Restart saat booting windows  
jika restart pada saat booting windows hal ini kemungkinan besar di sebabkan oleh kerusakan sistem start up, istilah nya ada file corrupt pada windows atau memori yang di gunakan kurang besar atau rusak. maka solusi nya adalah anda harus instal ulang apabila memang windows na sudah rusak karena hal ini bisa juga karena memori yang sudah rusak, saat windows restart maka processor akan bekerja sangat kencang dan jika memori kurang menunjang maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi restart

Tidak ada komentar:

Posting Komentar